Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

9 Sebab Mengapa Kita Sulit Beribadah

9 Sebab Mengapa Kita Sulit Beribadah 

 

Terkadang kita kesulitan dalam beribadah, misalnya kita malas, atau pun merasa sulit untuk beribadah. Itu adalah gejala penyakit rohani, dalam keadaan tersebut biasannya manusia sangat kesulitan untuk melakukan kegiatan rohani. Berikut adalah 9 sebab mengapa kita sulit beribadah.

1. Lemahnya Iman, lemahnya keimanan ini adalah salah satu sebab mengapa kita sulit dalam beribadah, cara agar kita bisa mengobati lemahnya iman ini adalah dengan cara saling ingat mengingatkan antara teman, atau pun sering bertannya kepada guru kita, misalnya guru agama, atau pun ustadz atau siapa pun yang kita anggap bisa mencari solusi atas masalah ini.

2. Tidak Tahu Keutamaan, nah selain lemahnya iman, terkadang kita malas karena kita tidak tahu akan keutamaan/manfaat dari beribadah, analoginya seperti ini, jika kita disuruh untuk mengangkat batu yang besar tapi kita tidak diberi apa pun kita mungkin akan malas, bahkan enggan untuk mengangkat batu itu, tetapi saat kita disuruh mengangkat batu itu, dan ternyata dibawah batu itu ada uang 1 juta, pasti kita akan berbondong-bondong untuk mengangkat batu itu, begitu pun dengan beribadah, kebanyakan dari kita mengetahui cara beribadah hanya saja belum tentu dia juga mengetahui apa manfaat beribadah itu, dan cara mengatasi masalah ini hampir sama dengan penyakit nomor 1 tadi yaitu dengan cara saling ingat-mengingatkan dan belajar.

3. Hawa Nafsu, nah setelah kita bisa melawan sebab yang pertama dan yang kedua, sekarang sebab yang ketiga yaitu hawa nafsu. Hawa nafsu ini memang sudah ada di dalam diri kita semua, tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk melawan hawa nafsu ini, hanya dengan cara memaksa kan diri dan berdo'a kepada Allah semoga Allah menguatkan diri kita semua untuk menahan hawa nafsu kita semua.

4. Godaan Setan, nah jangan lupa akan yang satu ini, yaitu godaan setan. Setan ini sebenarnya curang, dia bisa melihat kita tapi kita tidak bisa melihat mereka >.< tapi tidak apa-apa, dalam Al-Qur'an dijelaskan bahwa setan ini sebenarnya lemah, jadi jika kita kalah oleh gangguan setan, bukan setan yang kuat, tetapi kitanya yang lemah, untuk mencegah godaan setan, perbanyak berdzikir dan mengingat Allah, insyaallah atas izin Allah swt, kita pasti dihindarkan dari godaan setan.

5. Kesehatan, wah jangan sampai lupa juga dengan kesehatan, jangan sampai kita beribadah dan lupa untuk beristirahat, karena itu sama saja dengan menzalimi diri sendiri dan itu malah dilarang oleh Allah. Allah swt. juga memerintahkan kita untuk senantiasa menjaga kesehatan, jadi jaga selalu kesehatan kita agar kita tetap bisa beribadah kepada Allah dengan istiqomah.

6. Lingkungan, selanjutnya adalah faktor lingkungan. Faktor lingkungan ini juga sangat menentukan, jika kita berada di dalam lingkungan yang tidak pas untuk beribadah, maka jangan kan kita ingin beribadah, ingat pun tidak. Misalnya kita berada di diskotik, jarang sekali bahkan tidak ada orang yang berpikir untuk beribadah, mereka hanya mementingkan kesenangan. Cara untuk menanggulanginya adalah dengan cara menjauhi lingkungan-lingkungan yang kurang baik, semoga Allah senantiasa melindungii kita dan membawa kita ke dalam lingkungan yang baik.

7. Kesempatan, apabila lingkungan kita sudah baik, nah jangan lupa juga jika kita diberi kesempatan untuk berbuat maksiat bisa jadi kita malah melakukan maksiat. Analoginya gini, kita berada di kamar dimana kamar kita itu penuh dengan bacaan-bacaan Allah, sejadah pun ada pokoknya tempat itu adalah sebuah lingkungan yang baik, tetapi saat itu kita membawa Hand Phone atau pun Notebook, dan ternyata di alat yang kita bawa itu berisi film atau gambar porno (ceritannya karena di pinjam temen) wah saat itu kebetulan sepi, dan gak ada siapa-siapa padahal tempat itu adalah lingkungan yang baik, tapi karena ada kesempatan bisa jadi malah melakukan maksiat. Astaghfirullah, semoga kita tidak termasuk kedalam golongan orang-orang yang seperti itu amin. Bang napi juga bilang "kejahatan bukan hanya karena ada niat dari pelakunnya, tapi juga karena ada kesempatan, waspadalah-waspadalah" haha ^^~ 

8. Belum Diberi Hidayah, semoga kita bukan termasuk kedalam orang-orang yang tidak diberi hidayah oleh Allah swt. Astaghfirullah setelah kita berhasil menangkal sebab-sebab dari nomor 1 sampe 7, tetapi kok tetap saja kita sulit beribadah, nah bisa jadi kita belum diberi hidayah, karena seberusaha apa pun kita berusaha tapi jika Allah tidak mencintai dan meridhoi kita apa pun yang kita lakukan tidak akan pernah bisa tercapai, semoga kita selalu dicintai oleh Allah, sering-sering lah melaksanakan shalat hajat, dan berdo'a agar kita selalu dalam lindungan Allah dan selalu dalam kasih sayang-Nya. Amin ^^~

9. Munafik, yang terakhir adalah munafik, jangan-jangan dalam diri kita masih terbesit salah satu sifat-sifat orang munafik, dan itu bisa jadi penghalang kita untuk beribadah, astaghfirullah, semoga kita tidak termasuk kedalam golongan orang-orang yang munafik. Jadilah orang yang jujur, amanah, fatonah, dan tabligh agar kita terhindar dari sifat munafik, dan tidak lupa berdo'a kepada Allah agar kita dijauhkan dari sifat orang-orang munafik.

Itu tadi adalah ke-9 sebab mengapa kita sulit beribadah, semoga bermanfaat ^ ~b

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Laman

Entri Populer

SEPULUH TUJUH, X.7 4EVER

LUCKY